Sunday, November 24, 2013

MENGENAL SISTEM REM TROMOL

SISTEM REM TROMOL
1. FUNGSI
  • Mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.
  • Memungkinkan parkir ditempat yang menurun
  • Sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman
2. KOMPONEN SISTEM REM
3. TYPE REM
Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya

  • Rem kaki ( Foot brake ), dioperasikannya menggunakan kaki untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan
  • Rem Parkir (Parking brake ) untuk menahan kendaraan supaya tidak mudah bergerak pada saat parkir
  • Rem tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan pada kendaraan besar dan berat
4. REM KAKI
Rem kaki dikelompokan menjadi 2 yaitu
  • Hydrolis ( Hydraulic brake ), Konstruksinya lebih sederhana tapi lebih responsive
  • Pneumatis ( Pneumatis Brake ) Konstruksinya rumit, karena harus menggunakan kompresor untuk menghasilkan udara bertekanan
5.PENJELASAN KOMPONEN SISTEM REM
  • Master Silinder
         Ada dua tipe master silinder
         ~  Tunggal
         ~  Ganda ( tandem )
  • Wheel Cylinder

          Ada 2 macam wheel cylinder
          ~  Dengan satu piston untuk mendorong brake shoe
          ~  Dengan dua piston untuk mendorong brake shoe
  • Brake shoe

          Brake Shoe terbuat dari bahan plat baja sedangkan kanvas rem nya terbuat dari Bahan, Campuran fiber metalic, brass, lead, Plastik , dll
Cara pemasangan pada sepatu rem dengan cara di keling atau di lem
6. Rem Tromol
Komponen rem tromol : Backing plate, Wheel cylinder, Brake shoe & linning, Brake drum
Catatan
Ketika brake linning bergesekan dengan brake drum, panas yang ditimbulkan dapat mencapai 200 ~ 300oC
7. Type - Type Rem Tromol

a. LEADING AND TRAILING
   Satu wheel cylinder dengan dua piston yang mendorong brake shoe bagian atas untuk menekan tromol
   Catatan :
   Pada bagian leading shoe lebih cepat habis dibanding bagian trailing shoe
b. TWO LEADING
    Tipe ini mempunyai dua wheel cylinder yang masing – masing memiliki satu piston
    Keuntungan :
    Pada saat kendaraan bergerak maju kedua sepatu rem, menjadi leading sehingga rem menjadi lebih               pakem
c. TIPE DUAL TWO LEADING
    Tipe ini mempunyai dua wheel cylinder yang masing – masing memiliki dua piston Efek pengereman yang       terjadi sangat baik pada saat kendaraan maju maupun mundur
d. UNI – SERVO
    Tipe ini mempunyai satu wheel cylinder dengan satu piston dan pada Adjusting silinder dapat bergerak           bebas
    Keuntungan :
    Saat kendaraan maju kedua sepatu rem menjadi leading
    Kerugiannya  :
    Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem menjadi trailing
e. DUO – SERVO
   Tipe ini merupakan penyempurnaan dari tipe Uni servo Jadi rem jenis ini menggunakan satu wheel cylinder    dengan dua piston dan adjusting cylinder yang dapat bergerak bebas. Sehingga pada saat kendaraan            bergerak maju atau mundur kedua sepatu rem berfungsi sebagai leading shoe
f. ANCHOR PIN
   Tipe ini mempunyai satu wheel cylinder dengan dua piston Brake shoe bagian bawah diikat menggunakan      pin Jika dilakukan pengereman dalam kondisi seperi gambar ( arah panah ), maka primary shoe akan            bekerja sebagai leading shoe dan secondary shoe akan bekerja sebagai trailing




















No comments:

Post a Comment