MENGENAL TRANSMISI OTOMATIS
BASIC TRANSMISI OTOMATISII
KOMPONEN TRANSMISI OTOMATIS
Dari tabel diatas terlihat bagian transmisi otomatis secara garis besar diantaranya :
1. Torque Converter
- Pump Impeller
- Turbin Runner
- Stator
2. Transmision
- Clutches, bands and brakes
- Planetary gear sets
- Control valve assembly
BAGIAN DALAM TRANSMISI OTOMATIS
FUNGSI KOMPONEN TRANSMISI OTOMATIS
- Torque Converter
Torque Converter
berfungsi sebagai pengubah
tenaga putar yang
dihasilkan oleh mesin
yang selanjutnya disalurkan
ke unit roda gigi planet (planetary gear
unit). Torsi konverter juga bertindak sebagai kopling otomatis sehingga
mesin diijinkan untuk idle ketika kendaraan berhenti atau
pada saat putaran mesin rendah
- Oil Pump
Pompa oli mempunyai fungsi membangkitkan tekanan hidrolik.
Pompa oli membangkitkan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk pengoperasian
transaxle otomatis dengan menggerakkan tempat/kotak pengubah tenaga putar
(mesin).
- Clutch
Kopling-kopling
multiplat menghubungkan dua
komponen berputar dari
susunan roda gigi planet.
Planetary gear unit
menggunakan beberapa kopling multiplat, yaitu kopling maju (forward
clucth) (C1) dan kopling langsung (direct clucth) dan kopling mundur (reverse clucth) (C2)
- BRAKE
berfmeungsi nahan komponen planetary gear unit agar tidak berputar
Brake atau rem dibagi dua
1. Rem-rem multiplat
(multiplate brakes)
Mempunyai fungsi
yang sama seperti
pita rem dan
dibuat dengan cara
yang sama dengan kopling
multiplat. Rem multiplat mengunci atau menahan sebuah komponen putar dari susunan roda gigi planet
ke casing transmisi.
2. Pita rem (brake
band)
Pita rem
ditempatkan di luar
sekitar dari teromol
kopling langsung (direct
clucth drum). Salah
satu ujung pita
rem ini diletakkan
ke casing transmisi dengan sebuah
pena (pin), sedangkan
ujung yang lain
melekat dengan piston rem (brake piston) dimana dioperasikan
dengan tenaga hidrolik
cara kerja brake band :
Pada brake
tipe brake band,
brake band menjepit
brake drum yang dihubungkan dengan
anggota planetary gear
set sehingga mencegah
anggota untuk berputar. Ketika tekanan hidrolik dikenakan ke piston,
piston bergerak ke kiri dalam silinder
piston, menekan pegas
bagian luar (outer
spring). Pegas bagian
dalam (inner spring)
memindahkan gerakkan ke
batang piston (piston rod),
menggerakkan ke kiri
dengan piston, dan
menekan salah satu
pita rem, mengurangi pertautan
pita. Ketika pegas
bagian dalam menekan,
piston berhubungan langsung
dengan bahu batang piston dan gaya gesek yang tinggi ditimbulkan antara
pita rem dan teromol. Karena ujung yang lain
dari pita rem tetap pada casing
transmisi dan diameter pita
berkurang. Pita rem mengklaim dengan keras
teromol, memegang agar tidak dapat
bergerak, dimana menyebabkan teromol dan susunan dari roda
gigi planet dibuat tetap ke casing transmisi. Ketika
fluida bertekanan dibuang
dari silinder, piston
dan batang piston didorong kembali oleh pegas sehingga
teromol terbebas dari pita rem.
3. One
Way Clucthes
berfungsi menahan
komponen planetary gear
dalam satu arah putaran
- Planetary gear assambly
Planetary gear unit terdiri dari
beberapa planetary gear set dan beberapa clutches serta brakes, sebuah planetary gear set terdiri dari sebuah roda gigi matahari (sun gear), roda gigi
pinion (pinion gear) yang dihubungkan
oleh planetary carrier dan
sebuah roda gigi cincin (ring
gear)
Roda
gigi matahari terletak di pusat,
sementara roda gigi pinion berputar di sekelilingnya, dan sebuah roda gigi
cincin di sekitar roda gigi pinion. Susunan roda gigi ini disebut roda gigi “planetary”
karena roda gigi
pinion nampak seperti
planet-planet yang berputar
di sekeliling matahari.Dalam sebuah disain roda gigi planet, didapat
perbandingan roda gigi yang berbeda
untuk gerakan maju (forward)
dan gerakan mundur
(reverse), meskipun poros-poros
roda gigi terletak pada sumbu
yang sama
Apa fungsi dari planetary gear assembly?
ReplyDelete