LANGKAH - LANGKAH PERAWATAN SISTEM PENGAPIAN
1. Penyetelan Platina
Celah Platina 0,45 mm
Alat yang digunakan : Feeler Gauge, Obeng -/+, Kunci Pulley
Cara : Putarkan pully crankshaft sambil melihat rubbing block distributor dalam keadan rata kemudian
kendorkan skrup dudukan platina dan stel celah dengan menggunakan fuller gauge sesuai standar
2. Pengukuran Kabel Busi
Tahanan : kurang dari 25 k ohm /kabel
Alat yang digunakan : Avometer
Cara : Kalibrasi terlebih dahulu avometer, arahkan selektor pada ohm, ukur kabel busi bila tahanan tidak
sesuai maka ganti kabel busi
3. Penyelan Celah Busi
Celah Busi : Mesin 5 K : 0,7 - 1,0 mm
Selain 5 K : 0,8 mm
Alat yang digunakan : Feeler Gauge, Amplas
Cara : Bersihkan terlebih dahulu busi, ukur celah busi dengan menggunakan gauge wire atau feeler Gauge
4. Memeriksa Coil
Ada dua cara pemeriksaan coil yaittu coil dengan internal resistor dan coil tanpa internal resistor
1. Coil Internal Resistor :
- Tahanan Primer Coil : 1,5 - 1,9 ohm
- Tahanan Sekunder : 13,7 - 18,5 ohm
Tahanan Primer Coil |
Tahanan Sekunder Coil |
2. Coil Tanpa Internal Resistor
- Tahanan Primer Coil : 1,3 - 1,6 ohm
- Tahanan Sekunder : 10,7 - 14,5 ohm
Tahanan Primer Coil |
Tahanan Sekunder Coil |
5. Memeriksa accu
- Periksa berat jenis air accu dengan berat jenis 1225 - 1300 dengan menggunakan hidrometer
- Periksa tegangan accu dengan tegangan 12 volt dengan menggunakan avometer
No comments:
Post a Comment