Tuesday, October 8, 2013

Sistem Pendinginan

apa itu Sistem pendinginan,,..? dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin diubah menjadi tenaga gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang diubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan, keselamatan serta ramah lingkungan.
Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.
Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.
KOMPONEN SISTEM PENDINGIN
1. Radiator berfungsi untuk menyerap panas dari air pendingin
2. Upper Hose berpungsi menyalurkan air pendingin dari thermostat ke radiator
3. Lower Hose berfungsi menyalurkan air pendingin dari radiator ke pompa air (water pump)
4. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu air pendingin dan suhu mesin pada suhu kerja yang ideal yaitu       82 sampai 90 derajat celsius
5. Presure Cap (tutup radiator berfungsi untuk mengatur tekanan didalam radiator
6. Reservoir Tank berfungsi untuk menyimpan air pendingin cadangan
7. Heater Core berfungsi sebagai pemanas ruang kabin
8. Water Pump berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin
9. Fan berfungsi untuk menyerap panas dari radiator dan menyebarkannya ke udara luar
10. Pulley berfungsi untuk meneruskan putaran dari fan belt
11. Fan Belt berfungsi untuk memutarkan water pump, fan dan alternator sesuai putaran poros engkol
12. Water Jacket berfungsi sebagai ruangan penampungan air pendingin didalam mesin untuk menyelimbuti         dinding silinder dari luar
CARA KERJA SISTEM PENDINGIN
- Suhu di bawah 82 derajat celcius : air pendingin bersirkulasi dari water jacket,bypas,water pump,water         jacket
- Suhu di atas 82 derajat celcius : air pendingin bersirkulasi dari water jacket,thermostat, upper hose,                radiator, lower hose, water pump, water jacket
Mau lebih jelas bisa doewnload videonya disini


No comments:

Post a Comment