apa itu Sistem pendinginan,,..? dalam mesin kendaraan adalah
suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi
yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran
untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin diubah menjadi tenaga
gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran
tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran
pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin
dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil
pembakaran menjadi energi yang diubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya
sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai
efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan,
keselamatan serta ramah lingkungan.
Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin
mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur
sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian
besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia
sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur yang sangat rendah juga tidak
terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan
agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.
Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara,
tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe
menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.
KOMPONEN SISTEM PENDINGIN
1. Radiator berfungsi untuk menyerap panas dari air pendingin
2. Upper Hose berpungsi menyalurkan air pendingin dari thermostat ke radiator
3. Lower Hose berfungsi menyalurkan air pendingin dari radiator ke pompa air (water pump)
4. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu air pendingin dan suhu mesin pada suhu kerja yang ideal yaitu 82 sampai 90 derajat celsius
5. Presure Cap (tutup radiator berfungsi untuk mengatur tekanan didalam radiator
6. Reservoir Tank berfungsi untuk menyimpan air pendingin cadangan
7. Heater Core berfungsi sebagai pemanas ruang kabin
8. Water Pump berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin
9. Fan berfungsi untuk menyerap panas dari radiator dan menyebarkannya ke udara luar
10. Pulley berfungsi untuk meneruskan putaran dari fan belt
11. Fan Belt berfungsi untuk memutarkan water pump, fan dan alternator sesuai putaran poros engkol
12. Water Jacket berfungsi sebagai ruangan penampungan air pendingin didalam mesin untuk menyelimbuti dinding silinder dari luar
CARA KERJA SISTEM PENDINGIN
- Suhu di bawah 82 derajat celcius : air pendingin bersirkulasi dari water jacket,bypas,water pump,water jacket
- Suhu di atas 82 derajat celcius : air pendingin bersirkulasi dari water jacket,thermostat, upper hose, radiator, lower hose, water pump, water jacket
Mau lebih jelas bisa doewnload videonya disini
No comments:
Post a Comment